RM Nusa Indah, Solusi Bagi yang Lupa Bawa Oleh-Oleh

Pulang dengan membawa buah tangan atau oleh-oleh sudah menjadi tradisi yang telah mendarah daging bagi sebagian warga Indonesia. Musim liburan atau hari-hari pasca mudik Lebaran kali ini pun tidak luput dari ritual membeli oleh-oleh. Tak lengkap rasanya bila pulang dari satu tempat dengan tangan hampa, tanpa menjinjing buah tangan. Tak sempurna rasanya bila pulang mudik tidak membawa makanan atau cemilan khas daerah yang bersangkutan. Jangan heran bila di kota-kota tertentu, toko oleh-oleh banyak diserbu oleh para wisatawan maupun pemudik.

Bagaimana bila kita tidak sempat membeli oleh-oleh? Apa jadinya bila kita terburu-buru dan ada kerabat atau teman atau saudara yang tertinggal dari list yang akan diberi oleh-oleh? Rasa bersalah pasti akan hadir menyelinap bila titipan saudara atau teman terluput dan terlupa. Lalu, bagaimana cara mensiasatinya? Gak usah khawatir. Tak perlu repot-repot balik ke daerah asal. Solusinya ada pada…… Rumah Makan Nusa Indah! Lho kok rumah makan? Memang tersedia oleh-oleh yang kita cari? Harus makan di tempat juga? Banyak amat nanyanya. Santai dulu lah…..

RM Nusa Indah

RM Nusa Indah

Rumah makan yang satu ini memang berbeda dengan rumah makan lainnya. Berawal dari sebuah rumah makan sederhana yang kemudian dikembangkan sekaligus menjadi pusat oleh-oleh dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Ibu Hartaty, sang pemilik rumah makan, mengawali bisnisnya dengan membuka rumah makan dengan menu-menu khas Surabaya. Perlahan tapi pasti, mulai mengembangkannya dengan menyajikan menu-menu daerah lainnya. Plus pusat oleh-oleh dari berbagai daerah.

Tampak depan RM Nusa Indah

Tampak depan RM Nusa Indah

Rumah Makan Nusa Indah terletak di Jalan KH. Achmad Dahlan No. 33, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ibu Hartaty telah mulai membuka tokonya sejak tahun 1983 di kawasan Radio Dalam. Baru di tahun 1986, akhirnya pindah ke tempat ini. Hingga saat ini, Ibu Hartaty akan dapat kita temui berada di belakang meja kasir. Beliau masih setia meladeni pembeli dari balik meja kasir.

Deretan cemilan di RM Nusa Indah

Deretan cemilan di RM Nusa Indah

 

Aneka cemilan di RM Nusa Indah

Aneka cemilan di RM Nusa Indah

 

Aneka cemilan di RM Nusa Indah

Aneka cemilan di RM Nusa Indah

Walau berupa rumah makan yang tidak terlampau besar, dengan lahan parkir yang tidak terlalu luas, rumah makan Nusa Indah mampu membuat rasa kangen menu kampung halaman sedikit terobati. Mampu pula mengobati rasa ngidam makanan daerah yang tiba-tiba muncul. Menu rawon lengkap dengan telur asinnya seperti yang ada di Surabaya, lontong Cap Gomeh, nasi pecel, sop buntut, nasi gandul, gudeg, lumpia Semarang, batagor Bandung, tahu gimbal, dan banyak menu lainnya tersedia di sini.

Di sebelah tempat makan, mata kita pasti akan terbelalak dengan deretan atau tepatnya beragam tumpukan makanan dan cemilan khas daerah yang mengingatkan kita pada daerah tertentu. Tinggal sebutkan keinginan kita, petugas akan dengan ramah menunjukkannya. Satu hal yang pasti, yaitu “Pasti kita akan bingung memilih yang akan kita beli”. Hampir semua tersedia di sana. Niat untuk membeli satu cemilan, pasti cemilan lainnya akan terikut. Seolah penganan dan cemilan tersebut iri untuk turut serta. Bahasa lainnya, kalap.

Sepertinya tulisan ini akan penuh bila disebutkan satu persatu. Tersedia Bolu Meranti khas Medan, bandeng presto Semarang, Abon Varia, keripik paru, dan Bolu Lapis Surabaya Mandarijn dari Solo, sambal udang Bu Rudi, kue lapis legit Spikoe, dan es krim Zanrandi dari Surabaya, brem dari Madiun, keripik pisang Lampung, Bakpia Pathok Jogja, Bakpia Legong Bali, aneka Brownies Amanda, kue-kue Kartika Sari, dan keripik Ma Icih dari Bandung, kerupuk udang dan terasi Nyonya Siok dari Sidoarjo, Nopia Banyumas, keripik singkong balado Christine Hakim dari Padang, dan banyak lagi cemilan lainnya. Semuanya bersesakan dan seakan berebut tampil untuk menarik perhatian calon pembeli.

Ada pula beragam sirup khas daerah seperti sirup kawista dari Jawa Tengah, sirup pisang susu dari Cirebon, dan Jeniper (jeruk nipis peres) juga tersedia. Pokoknya…. Lengkap banget! Cocok untuk yang rindu kampung halaman atau untuk yang terlupa bawa oleh-oleh.

Sempat ngobrol sebentar dengan Ibu Hartaty tentang bagaimana sistem yang diberlakukan di tokonya. Beliau menjawab, “Tergantung merk dan jenisnya Mbak, kalau yang sudah terkenal, dan yakin pasti laku, saya beli langsung, tapi untuk yang lainnya pakai sistem titip jual. Saya juga tidak mau terlalu ambil resiko”. Cukup dapat dipahami, karena untuk beberapa camilan, ketahanannya cukup singkat. Ada resiko basi atau kadaluwarsa. Ada pertimbangan asal makanan juga. Jika lokasi asalnya terlalu jauh, ongkos kirim mahal, dan peminatnya sedikit, tidak berani stok banyak.

Jadi, terlupa bawa oleh oleh? Datang saja ke Rumah Makan Nusa Indah. Hampir semua oleh-oleh khas daerah yang terkenal, ada di sana. Walau ada pula yang pastinya masih belum tersedia di sana.

Note : saya bukan kerabat atau pun temannya RM Nusa Indah, bukan pula salesnya. Hanya sharing saja.

Salam. (Del)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s