Indahnya Kota Ende dari Atas Bukit Kolobari

C

Kota Ende Terlihat dari Kolobari

Telah lama mendamba untuk dapat berkunjung ke Kota Ende, sebuah kota kecil di bagian Selatan Pulau Flores, ibukota Kabupaten Ende. Walau merupakan kota kecil, seperti kota lainnya di Pulau Flores, Ende memiliki landscape yang luar biasa indah.
Sekarang, untuk menggapai Ende dari Jakarta, dapat menggunakan pesawat Garuda lewat Kupang atau singgah ke Bali terlebih dahulu, lalu sambung dengan menggunakan pesawat TransNusa/Aviastar ke Ende.

Bandara H. Hasan Aroeboesman di Ende

Bandara H. Hasan Aroeboesman di Ende

Salah satu bukit di sekitar Bandara di Ende

Salah satu bukit di sekitar Bandara di Ende

Mendarat di Bandara H. Hasan Aroeboesman di Ende, pemandangan indah langsung menyergap serentak. Rasa was-was yang melanda selama proses pendaratan sirna sudah. Bandara Ende termasuk salah satu bandara yang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi pada saat pendaratan. Lokasinya yang sangat berdekatan dengan bukit-bukit yang mengelilingi menyisakan kerawanan tersendiri. Di ujung landasan, sebuah bukit yang lumayan besar menanti dengan gagahnya. Pesawat yang akan mendarat maupun lepas landas harus mendekati bukit ini, sekedar untuk menyapanya atau untuk berpamitan dengan bukit tersebut. Belum lagi ditambah jaraknya dengan pantai yang lumayan dekat. Butuh keahlian, kesigapan, dan ketepatan sang pilot. Namun, selebihnya, tidak akan menyesal. Panorama yang disuguhkan sungguh memukau. Deretan bukit hijau nan asri seolah menyambut para pengunjung.
Panorama indah Kota Ende dapat kita nikmati dari beberapa spot/lokasi di bukit-bukit sekitar. Salah satunya, yaitu dari Kolobari, sebuah bukit yang berada sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Ende. Sayang, perjalanan menuju Kolobari masih berupa jalanan yang kurang nyaman dilewati. Lubang-lubang menganga masih sering ditemui. Goncangan membuat perjalanan yang tidak terlalu jauh, memakan waktu yang lebih lama. Tapi ingat…! Prasyarat utama untuk menikmati keindahan alam Kota Ende adalah…. “Enjoy aja…, nikmati …, bawa happy aja!” Di ujung perjalanan, panorama menawan akan memupus kekesalan karena jalan yang buruk.

Kota Ende terlihat dari Kolobari

Kota Ende terlihat dari Kolobari

Dari Kolobari terpapar dengan indah perpaduan beberapa karya sempurna Tuhan. Paduan antara bukit-bukit dan gunung-gunung dengan beragam ketinggian, pantai dan laut, serta Kota Ende yang terhampar elok di bawah. Ada satu gunung yang cukup menarik perhatian. Bagian atasnya rata seperti meja. Untuk itu, penduduk setempat menamakannya, Gunung Meja.

Seorang wanita tengah asyik menenun

Seorang wanita tengah asyik menenun

Puas beberapa saat menikmati indahnya panorama Kota Ende, waktunya kembali menuruni bukit. Di sepanjang perjalanan, selain melewati hutan serta kebun jagung dan singkong, juga melewati rumah-rumah penduduk asli Ende. Banyak penduduk yang tengah melakukan kegiatan menenun kain di bagian depan rumah atau di pekarangan rumahnya. Kegiatan menenun kain biasanya dilakukan oleh kaum perempuan. Tergerak hati untuk singgah.
Kain tenun Ende memiliki motif yang khas. Motif tenun Ende berbeda dengan motif tenun dari kabupaten-kabupaten lainnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Setiap daerah memiliki motif tersendiri. Bahkan setiap suku memiliki motifnya masing-masing. Bahkan di Pulau Flores sendiri, memiliki motif-motif khas yang berbeda-beda.

Mencoba menenun

Mencoba menenun

 

Gayanya doang....

Gayanya doang….

Para wanita menenun menggunakan alat yang masih sangat sederhana. Setiap wanita di Ende biasanya dapat menenun. Hasilnya selain untuk keperluan sendiri, sebagian dijual ke Kota Ende hingga ke luar Pulau Flores. Sempat pula mencoba untuk bergaya jadi penenun. Komentar teman, “Tidak meyakinkan…!”. Tidak apa. Yang penting sudah mencoba… Akhirnya, ada kain yang menarik hati. Lumayan untuk koleksi di rumah.
Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Ende? Mari….
Salam. (Del)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s