Jokowi Masuk dalam 50 Pemimpin Terbesar Dunia

 Gambar

Jokowi, peringkat 37 di antara 50 pemimpin terbesar dunia versi majalah Fortune.
Sumber : http://money.cnn.com/

Ada kabar yang cukup menggembirakan. Joko Widodo (Jokowi) terselip di antara deretan 50 nama-nama pemimpin terbesar dunia (The World’s 50 Greatest Leaders) versi Majalah Fortune. Majalah Fortune merupakan sebuah majalah bisnis global yang diterbitkan oleh Fortune Money Group milik Time Inc. Majalah ini terbit dwi mingguan dan dikenal sebagai majalah yang setiap tahunnya menerbitkan peringkat perusahaan menurut labanya. Di Indonesia, Majalah Fortune terbit di bawah naungan PT. Kompas Gramedia.

Jokowi berada di peringkat 37 di antara nama-nama besar dunia. Merupakan satu-satunya pemimpin Indonesia yang masuk dalam deretan tersebut. Walau tetap patut diakui, seluruh lembaga, majalah, organisasi, institusi atau apapun itu, berhak mengeluarkan peringkat dan penghargaan kepada siapapun berdasarkan kriteria yang mereka tetapkan sendiri. Semua memiliki pandangan dan ketetapannya sendiri berdasarkan sudut pandangnya masing-masing. Apapun itu, tetap patut diapresiasi.  Bahkan dalam pengantarnya, situs www.money.cnn.com mengungkapkan bahwa di era yang seakan lapar akan kepemimpinan, kita menemukan sosok-sosok laki-laki dan perempuan yang akan menginspirasi. Beberapa di antaranya terkenal, yang lain sedikit dikenal, semuanya memberikan energi kepada para pengikutnya dan membuat dunia lebih baik. Itu yang paling penting. Mereka dipandang dapat memberikan energi kepada yang lainnya dan membuat dunia lebih baik.

Pope Francis sebagai pemimpin umat Katholik sedunia berada di peringkat pertama pemimpin hebat dunia. Beliau adalah orang Amerika Latin keturunan Italia pertama yang terpilih sebagai Paus. Sosok Paus Fransiskus dikenal sebagai sosok sederhana bahkan cenderung konservatif dan memiliki tingkat kepedulian sosial yang tinggi.

Menyusul di peringkat kedua ada Angela Merkel (Kanselir Jerman). Angela Merkel dipandang sebagai pemimpin sukses di dunia saat ini. Merkel telah menjabat sebagai kanselir hampir 9 tahun. Dua peringkat selanjutnya diraih oleh CEO, yaitu CEO Ford Motor Co., Alan Mulally dan CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffet. Warren Buffet memiliki julukan “Oracle of Omaha”, orang bijak dari Omaha.

Di peringkat ke 5, bertengger Bill Clinton mantan presiden Amerika Serikat. Majalah Fortune edisi 7 April 2014 mengangkat Bill Clinton dalam cover story nya.

Terdapat beberapa nama lainnya yang rasanya menimbulkan pertanyaan, “Kok bisa dia masuk juga?”. Tak apalah, sekali lagi, setiap lembaga atau apapun itu, berhak untuk menentukan dan menetapkan kriterianya sendiri. Tidak sepaham? Boleh kok mengeluarkan peringkat sendiri.

Berikut peringkat dalam list The World’s  50 Greatest Leaders versi Majalah Fortune:

  1. Pope Francis (pemimpin umat Katholik dunia)
  2. Angela Merkel (Kanselir Jerman)
  3. Alan Mulally (CEO Ford Motor)
  4. Warren Buffet (CEO Berkshire Hathaway)
  5. Bill Clinton (mantan Presiden AS)
  6. Aung San Suu Kyi (tokoh demokrasi Myanmar)
  7. Gen. Joe Dunford (jenderal bintang 4, pemimpin tentara AS di Afghanistan)
  8. Bono (penyanyi group U2)
  9. Dalai Lama (pemimpin spiritual Tibet)
  10. Jett Bezos (CEO amazon.com)
  11. Derek Jeter (kapten New York Yankees)
  12. Geoffrey Canada (CEO Harlem Children’s Zone)
  13. Christine Lagarde (Managing Director IMF)
  14. Paul Polman (CEO Unilever)
  15. Michael Bloomberg (Pemilik mayoritas Bloomberg)
  16. Jack Ma (executive chairman, Alibaba Group)
  17. Maria Klawe (President Harvey Mudd College)
  18. Ken Chenault (CEO American Express)
  19. Kathy Giusti (CEO Multiple Myeloma Research Foundation)
  20. Tie: Mike Krzyzewski, Gregg Popovich, Dawn Staley (para pelatih di tim basket)
  21. Angelina Jolie (Aktris, humanitarian)

29. Howard Schultz (CEO Starbucks)

31. Ellen Kullman (CEO DuPont)

33. Tim Cook (CEO Apple)

37. Joko Widodo (Gubernur Jakarta)

42. Susan Wojcicki ( CEO Youtube)

48. Lakshmi Mittal (CEO ArcelorMittal)

50. Jed Rakoff (US. District Court Judge)

Peringkat 50 besar pemimpin terbesar di atas memang didominasi oleh para CEO dari perusahaan-perusahaan top dunia. Dalam keterangannya, Jokowi merupakan tokoh yang pada tahun 2005 adalah seorang eksportir furnitur yang kemudian menjadi walikota Solo, sebuah kota di Indonesia yang dihuni oleh 500.000 orang. Popularitasnya terus menanjak semenjak menjadi Gubernur DKI Jakarta. Jokowi dipandang dapat menata kota serta menarik akar korupsi dan sekarang difavoritkan dalam pemilihan presiden Juli 2014 mendatang. Selamat pagi. Salam. (Del)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s