Ridwan Kamil Nominator Walikota Terbaik 2014 bersama Jokowi dan Tri Rismaharini

Gambar

Indonesia patut berbangga hati. Di antara sekian banyak pemberitaan negatif tentang para pemimpin Indonesia, masih menyeruak berita yang mampu membesarkan hati, menyemburatkan sedikit cahaya harapan. Masih ada para pemimpin di Indonesia yang dinilai dunia sangat baik dalam mengawal kotanya.

Berdasarkan update dari situs www.worldmayor.com (27/2/2014), Ridwan Kamil turut dinominasikan sebagai walikota terbaik versi worldmayor.com. Beberapa hari yang lalu, Indonesia hanya diwakili oleh Jokowi dan Tri Rismaharini. Ternyata, sekarang telah berubah,  Indonesia diwakili oleh 3 pemimpin kota yang memang prestasinya patut diapresiasi, yaitu Ridwan Kamil, Joko Widodo, dan Tri Rismaharini. Masing-masing merupakan pemimpin Kota Bandung, Jakarta, dan Surabaya. Melihat prestasinya selama memimpin kota, ketiganya memang layak dinominasikan.

World Mayor Project diumumkan sejak 7 Januari 2014. Saat ini, masih dalam tahap longlist (daftar panjang) nominator walikota terbaik. Daftar panjang akan terus diperbaharui secara berkala hingga bulan Mei sedangkan shortlist (daftar pendek) nya akan diumumkan pada bulan Juni nanti. Menurut World Mayor, masih banyak nama yang akan dimunculkan lagi selama putaran pertama World Mayor Project. Akan banyak nama-nama lainnya yang akan ditambahkan selama putaran Februari hingga Mei 2014.

Perlu diketahui bahwa world mayor merupakan penghargaan yang diberikan pada para walikota terbaik dunia sejak tahun 2004. Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kiprah para walikota di seluruh dunia atas kontribusinya dalam melayani warganya dan mengantar kotanya menjadi kota yang lebih baik. Pemilihan pemenang berdasarkan jumlah pemilih yang didapat oleh walikota bersangkutan melalui situs dan komentar yang masuk. Setiap orang dapat menominasikan pemimpin wilayahnya atau pemimpin dari wilayah lain melalui situs ini.

Sebagai perbandingan, pada tahun 2008, dari 50 finalis yang ada, terselip nama Gubernur Jakarta, Fauzi Bowo. Tahun 2010, tidak ada satupun walikota di Indonesia yang masuk nominasi. Tahun 2012, barulah Indonesia menorehkan prestasi. Tercantum nama 4 pemimpin kota di Indonesia yang masuk sebagai nominator, yaitu Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, dan Walikota Solo Joko Widodo. Tidak hanya masuk nominasi, Jokowi berhasil menyabet gelar walikota terbaik ke tiga.

Untuk tahun 2014, Ridwan Kamil, Joko Widodo, dan Tri Rismaharini menjadi nominator bersama dengan 9 walikota/kandidat dari Amerika Utara, 8 kandidat dari Amerika Latin, 18 kandidat dari Eropa, 9 kandidat dari Asia, 2 orang dari Australasia dan 4 dari Afrika. Ketiga pemimpin Indonesia masuk sebagai nominator di antara pemimpin kota di Asia lainnya, yaitu:

  1. Mayor Anil Sole, Nagpur, India,
  2. Mayor Soichiro Takashima, Fukuoka, Japan,
  3. Mayor Edgardo Pamintuan dari Angeles City, Philippines,
  4. Mayor Juliet Marie Ferrer, La Carlota City, Philippines,
  5. Mayor Eric Saratan, City of Talisay, Philippines,
  6. Mayor Hani Mohammad Aburas, Jeddah, Saudi Arabia

Semoga ketiga pemimpin kota tersebut dapat menginspirasi pemimpin kota lainnya di Indonesia. Indonesia masih memerlukan mereka. Salam. (Del)

Sumber : http://www.worldmayor.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s