Apa yang Membuat Flappy Bird Begitu Disukai?

Gambar

Flappy Bird, kekuatan sebuah kesederhanaan.
Sumber : http://www.forbes.com/

Popularitas game Flappy Bird sedang berada di puncak, mendadak populer. Game ini sebenarnya telah dirilis sejak Mei 2013 namun baru booming dan menjadi topik pembicaraan hangat di berbagai media sosial sejak awal 2014. Diciptakan oleh Nguyen Ha Dong, seorang pria berusia 29 tahun asal Hanoi, Vietnam di bawah bendera dotGears Studio, sebuah perusahaan yang digawangi oleh Dong sendiri dan tanpa seorang pun karyawan di dalamnya.

Flappy Bird sebuah game yang sederhana dengan tampilan gambar yang sangat minimalis, hanya dengan grafis 8-bit. Bentuk burungnya pun tidak ada bagus-bagusnya. Hanya burung kecil berbulu kuning dan oranye dengan kepakan sayap yang tidak jelas dan paruh yang dower. Kualitas gambarnya pun sangat biasa. Namun, game Flappy Bird terbukti cukup fenomenal, disukai begitu banyak penggemarnya.

Sebenarnya, apa yang membuat Flappy Bird begitu memikat?

Dong sendiri, sang penciptanya tidak tahu, mengapa game buatannya begitu digemari, bahkan bermunculan gambar-gambar lucu hasil kreativitas gara-gara Flappy Bird yang menggambarkan betapa frustasinya mereka karena tidak bisa menaklukkan game konyol tersebut.

Terkadang, sangat sulit untuk menebak keinginan para gamer. Sangat berjibun game-game dengan tampilan yang sempurna, bagus, namun ternyata, tidak ada yang menyangka, game sederhana seperti Flappy Bird ini dapat menyeruak dan menjadi populer. Inilah kekuatan sebuah kesederhanaan.

Sesungguhnya, permainannya sangat sederhana. Untuk memainkan Flappy Bird hanya membutuhkan ketukan jari. Ketukan bisa dilakukan menggunakan jari telunjuk atau jari jempol ke layar. Yang diperlukan hanya menjaga agar si Flappy tetap terbang melewati rintangan berupa pipa-pipa hijau yang menghadang. Pemain akan mendapatkan tambahan skor 1 (satu) setiap kali berhasil melewati satu rintangan pipa. Sangat simpel, sangat sederhana. Semua orang pasti segera paham cara memainkannya. Namun, di sinilah letak tantangannya. Game yang sangat sederhana ini ternyata bisa jadi sangat sulit untuk memainkannya. Tantangan meloloskan si burung jelek melewati hadangan pipa ternyata bukan hal yang mudah. Kita harus mengatur waktu ketukan ke layar, mengatur ritme ketukan agar tepat dan tidak membuat si burung terantuk pipa atau terhempas ke bawah. Kesalahan kecil yang dibuat, akan memastikan sang pemain untuk kembali mengulang dari awal.

Game ini juga membuat diri menjadi penasaran, ingin mencoba dan terus mencoba lagi. Ada dorongan yang kuat untuk menekan kembali “OK” dan “Start”, tanda kita akan mencoba lagi. Pasti terselip rasa bangga jika bisa memecahkan rekor best score sebelumnya walau hanya satu angka sekalipun.

Kesederhanaan dan kemudahan cara memainkan game ini yang membuat orang tertarik. Tidak perlu terlalu rumit berfikir. Game ini dapat melepaskan sedikit rasa stress yang melanda. Asal, jangan pula stress gara-gara skor Flappy bird masih di bawah 10. Keinginan untuk mengantarkan sang burung melewati pipa-pipa rintangan dan perolehan nilai tinggi sepertinya telah membuat para pemain semakin penasaran. Di berbagai media sosial pun ramai orang menyebarkan hasil, seolah berbagi kesuksesan tentang skor tertinggi yang telah diraih.  Ada yang dengan bangganya menulis, “Akhirnya, skor 30 menjadi kenyataan”. Atau “Sudah kuduga, skor 25 bukan hal yang mustahil!”.

Namun, ada kabar, Dong akan menarik game Flappy Bird dari peredaran seperti diberitakan di kompas.com (09/02/2014). Flappy Bird akan ditarik dari Google Play Store dan Apple App Store mulai Senin (10/02/2014) pukul 00.00. Sudahkah anda mendownload dan memainkan Flappy Bird? Berapa skor terbaiknya? Hati-hati kecanduan. Salam. (Del)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s