Pasar Kebun Sayur yang Tidak Menjual Sayur

Gambar

Deretan kios cendera mata di Pasar Inpres Kebun Sayur

Dulu, ketika pertama kali melakukan kunjungan ke Balikpapan, seorang kawan yang tinggal di sana menawarkan untuk mengantar ke Pasar Kebun Sayur. Yang pertama terlintas di benak, “Ngapain ke pasar sayur? Untuk apa jauh-jauh pergi ke Balikpapan hanya untuk membeli sayur? Sepertinya saya tidak butuh sayur, tapi butuh beli oleh-oleh”. Sang kawan hanya membalas, “Sudah, tak perlu banyak komentar, ikut saja.”.

Gambar

Pasar Inpres Kebun Sayur

Awalnya persepsi kita digiring pada asumsi bahwa pasar kebun sayur pasti menjual sayur. Ternyata, yang namanya “Pasar Kebun Sayur”, tidak menjual sayur. Yang dijual jauh dari sayuran. Pasar Kebun Sayur merupakan pusat oleh-oleh dan cinderamata di Kota Balikpapan. Terletak di Jalan Letjen Suprapto atau sekitar 1 jam perjalanan mobil dari Bandara.

Gambar

Sebagian cendera mata yang dijual di Pasar Inpres Kebun Sayur

Gambar

Beragam asesoris dan perhiasan di Pasar Inpres Kebun Sayur

Gambar

Beragam asesoris di Pasar Inpres Kebun Sayur

Di Pasar Kebun Sayur kita akan mendapati beragam perhiasan atau asesoris khas Kalimantan yang terbuat dari batu-batu, baik itu dalam bentuk gelang, kalung, cincin, bros, maupun asesoris lainnya.  Kita pun dapat dengan mudah menjumpai souvenir khas Kalimantan lainnya, misalnya kain tenun dan sarung khas Balikpapan, serta souvenir lainnya yang terbuat dari untaian batu-batu kecil (manik-manik) warna-warni, yang dijalin dan disambungkan dengan benang dan dijadikan tas, dompet, tempat tisue, tempat pensil, maupun perlengkapan lainnya. Tak ketinggalan, banyak pula kerajinan tangan khas Suku Dayak, seperti mandau, baju adat dayak, topi dayak yang terbuat dari untaian manik, miniatur rumah Dayak, gelang akar, kopiah yang terbuat dari akar, serta beragam batu mulia. Batu mulia yang dijual terdiri dari beragam jenis, seperti batu kecubung, batu akik, zamrud, safir, delima, hingga berlian. Batu mulia tersebut dijual dalam berbagai bentuk perhiasan maupun masih dalam bentuk mentah (belum dijadikan bentuk perhiasan). Harganya bervariasi, tergantung kualitasnya, mulai yang berharga hanya puluhan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah.

Gambar

Kios-kios cendera mata di Pasar Inpres Kebun Sayur

Memasuki kawasan Pasar Inpres Kebun Sayur jangan membayangkan akan memasuki kawasan pusat pertokoan atau pusat penjualan cenderamata yang mewah. Pasar Inpres Kebun Sayur hanya berupa kumpulan kios sederhana, namun dengan omset yang luar biasa. Walaupun sederhana, berbelanja di Pasar Inpres Kebun Sayur menimbulkan keasyikan tersendiri bagi para pengunjung. Suasana khas pasar tradisional masih kental terasa, dengan tradisi dan proses tawar menawarnya. Pembeli pun tidak perlu khawatir dengan urusan perut, karena masih dalam kompleks pasar tersebut, terdapat kios-kios makanan yang menjual makanan khas Balikpapan maupun makanan lainnya, seperti udang bakar, kepiting, kerang, dan lainnya. Udang bakarnya begitu menyolok karena berukuran besar.

Tas yang terbuat dari untaian manik kecil sudah di tangan. Sekarang, tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Balikpapan tanpa mampir ke Pasar Kebon Sayur. Pasar Kebun Sayur bagai lokasi wajib kunjung untuk sekedar membeli buah tangan, demi memenuhi tradisi khas orang Indonesia. Tak elok rasanya jika bepergian tanpa membawa pulang oleh-oleh. Jadi, siapa yang mau berkunjung ke Pasar Inpres Kebun Sayur? Silakan. Salam. (Del)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s