Batu-Batu Granit Nan Gagah di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Selain Pulau Lengkuas dan pulau-pulau di sekitarnya, masih ada lokasi lain yang tak kalah indah, yang sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke Pulau Belitung. Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini ikut naik daun bersamaan dengan beredarnya film Laskar Pelangi. Pantai Tanjung Tinggi menjadi salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi. Masih ingat adegan ketika anak-anak Laskar Pelangi bermain di antara bebatuan besar ? Di sinilah tempatnya.

Gambar

Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Pantai yang berpasir putih, air laut yang sangat jernih, dihiasi dengan batu-batu granit raksasa yang menancap gagah di sepanjang pantai hingga agak ke tengah laut, menjadi paduan yang sangat mengagumkan. Membuat kagum dan tak henti memuji kebesaran Sang Maha Agung. Sungguh cantik. Sangat eksotis.

Keindahan Pantai Tanjung Tinggi akan membuat siapapun berdecak kagum dan terpesona dibuatnya. Kecantikan pantai-pantai di Pulau Belitung memang membuat rindu membuncah. Rindu untuk datang kembali berkunjung. Terselip janji di hati, lain kali harus datang kembali, membawa serta anak-anak. Pasti mereka tak sabar untuk menceburkan diri ke air yang begitu jernih. Begitu menggoda.

Pantai Tanjung Tinggi hanya berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung. Dapat ditempuh dengan berkendara mobil sekitar 1 jam perjalanan. Pantainya tidak terlalu panjang, hanya sekitar 100 m. Yang membuatnya istimewa adalah bertebarannya batu-batu granit raksasa nan gagah. Tegak berdiri, seolah hendak berkata, “Ini pantaiku… !”.

Gambar

Penanda lokasi syuting Laskar Pelangi di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Gambar

Batu granit raksasa nan gagah seolah penjaga Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Di pintu masuk menuju Pantai Tanjung tinggi, kita telah disambut dengan batu raksasa. Menjulang tinggi dengan gagahnya. Warnanya abu-abu, sedikit menghijau. Kita bisa masuk melewati celah-celah di antara batu-batu raksasa tersebut. Sungguh menghadirkan sensasi tersendiri. Dari depan, terlihat papan bertuliskan “Lokasi Syuting Film Laskar Pelangi”. Papan tersebut seakan menjadi spot wajib untuk berfoto.

Gambar

Batu-batu granit raksasa plus air yang sangat jernih, paduan yang luar biasa

Gambar

Pemandangan yang mengagumkan di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Gambar

Hamparan batu-batu di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Di balik  batu besar, petualangan dimulai. Godaan jernihnya air dan putihnya pasir seakan turut mengundang pengunjung untuk berlarian dan bermain di pantai. Batu-batu granit besar tidak hanya ada di bagian depan. Selepas berjalan di antara celah batu, terpampang laut lepas. Pandangan tak henti mengagumi batu-batu besar yang berserakan di sepanjang pantai. Seorang kawan melontarkan canda, “Siapa yang telah susah payak meletakkan batu-batu besar tersebut di sini ya? Gimana caranya?” Hahaha.. ada-ada saja.

Gambar

Batu-batu raksasa dan air laut yang jernih. Luar Biasa

Gambar

Bangga rasanya dapat mendaki batu-batu raksasa di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Gambar

Di antara hamparan batu-batu Tanjung Tinggi, Belitung

Batu-batu besar yang berserakan mengundang siapapun yang datang untuk menaklukkannya. Muncul keinginan kuat untuk mendaki dan menaklukkan batu-batu tersebut dan berfoto di atasnya. Reflek muncul keinginan untuk meloncat dari satu batu ke batu yang lainnya, demi untuk menggapai batu yang lebih tinggi. Sungguh menantang. Kita ditantang untuk mencari cara, menjari jalan agar dapat mendakinya. Kita seakan tengah bermain di antara batu-batu besar. Persis seperti bocah-bocah yang ada di Film Laskar Pelangi. Suatu pengalaman yang sulit untuk dilupakan.

Gambar

Air laut dan batu-batu besar di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Jadi, makin tertarik untuk berkunjung ke Belitung? Silakan. Salam. (Del)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s