Kicauan Ridwan Kamil di Twitter: Cukup Menghibur

Ada banyak cara yang dilakukan oleh para pemimpin untuk menjaring laporan dari para warganya. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan beragam media sosial, berbagai jejaring sosial yang ada. Salah satu pemimpin yang memanfaatkan jejaring sosial untuk berkomunikasi dengan warganya adalah Ridwan Kamil, Walikota Bandung. Cukup menarik ketika kita menyimak kicauan-kicauan seorang Ridwan Kamil di akun twitternya.

Cukup menghibur. Terkadang membuat senyum tersimpul bahkan geli sendiri. Itulah kesimpulan ketika membaca kicauan-kicauan Ridwan Kamil, Sang Walikota Bandung di akun twitternya @ridwankamil. Selain mewajibkan para Kepala Dinas di lingkungan Pemerintah Kota Bandung untuk memiliki akun twitter, Ridwan Kamil pun memiliki akun. Gunanya agar mengetahui permasalahan Bandung dari laporan warga. Ridwan Kamil memerintahkan agar para Kepala Dinas merespon laporan dari warga dengan cepat. Tak cukup hanya itu, anak buahnya juga diwajibkan untuk membuat grup di jejaring sosial seperti Whatsapp agar dapat dipantau olehnya.

Gambar

Jika kita menyimak kicauan-kicauan Ridwan Kamil di Twitter, setidaknya bisa dibedakan menjadi 3 golongan, yaitu:

1.   Penyampaian kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan;

Banyak kegiatan yang telah Ridwan lakukan yang beliau share ke akun twitternya. Terkadang disertai dengan foto terkait. Tujuannya untuk mewartakan kegiatan yang beliau lakukan maupun Pemerintah Kota Bandung laksanakan.

2.   Mengajak warga untuk ikut dalam kegiatan-kegiatan yang diusung Pemerintah Kota Bandung;

Beliau tidak segan mengajak warga untuk turut berpartisipasi dalam beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Bandung. Seperti contoh pada gambar di atas, Ridwan Kamil mengajak warga untuk mendaftar menjadi relawan biopori.

3.  Menegur atau menyampaikan keluhan warga ke akun twitter dinas/instansi lain di lingkungan Pemerintah Kota Bandung;

Bila ada tweet dari warga yang membutuhkan respon dari anak buahnya, Ridwan Kamil akan meneruskan pesan tersebut (forward) dengan me-mention akun instansi/dinas yang dimaksud.

Apa yang membuat kicauan-kicauan nya menarik? Yang membuat menarik adalah ternyata kicauan-kicauan yang dilontarkan oleh Ridwan Kamil tidak hanya berupa tanggapan serius. Banyak kicauan-kicauannya yang disampaikan dengan gaya bahasa yang santai. Kebanyakan dalam bahasa daerah, Bahasa Sunda. Banyak kicauannya yang bernada serius tapi tetap santai. Seperti contoh di bawah ini.

Gambar

Tanggapan yang diberikan oleh Ridwan Kamil untuk para follower-nya tidak selalu serius, terkadang dibumbui dengan candaan khas warga Parahiangan, dengan menggunakan Bahasa Sunda. Contohnya, seperti terlihat pada gambar di atas. Ketika seorang warga menyampaikan laporan bahwa di Pasar Baru banyak teteh-teteh (perempuan) yang nangkring dengan baju yang seksi-seksi, Ridwan Kamil menjawab, “Itu mungkin satpolpp lagi nyamar”. Atau ketika salah satu warga menyampaikan bahwa di bawah jembatan Cikapundung ada seperangkat alat berat, Ridwan menanggapi, “Jigana mah kanggo mas kawin”. Maksudnya, sepertinya buat mas kawin. Semoga tidak hanya berhenti pada candaan, tapi ditindaklanjuti dengan tindakan. Semoga tidak ada yang merasa tersinggung atau terabaikan.

Gambar

Patut diakui, ternyata seorang Ridwan Kamil memiliki rasa humor yang lumayan. Memiliki sense of humor yang cukup tinggi. Terkadang celotehannya membuat kita tersenyum seperti contoh lain pada gambar di atas. Seorang warga mengadukan, “masalah jurig (setan/hantu) sepanjang jalan Taman Sasri rada ditertibkan”. Ridwan Kamil menanggapinya dengan santai, “Gusti nu agung. Eta ge tugas Walikota?” Maksudnya, “Gusti yang Agung. Itu juga tugas Walikota?”. Senyum mau tidak mau turut tersungging.

Atau juga ketika warga mengapresiasi, “Wuahh nuhun pak, jalanan Bandung mulai tidak jerawatan deui jiga muka saya”. Dengan santai Ridwan menanggapi, “Kumargi beton/aspal na campur clearasil”. Terjemahannya, “Terima kasih Pak, jalanan Bandung mulai tidak jerawatan lagi seperti muka saya”. Dijawab, “Karena beton/aspalnya dicampur clearasil”. Sebagai tambahan informasi, clearasil adalah salah satu merk obat jerawat.

Ridwan Kamil memang salah satu pimpinan yang patut diacungi jempol. Telah banyak gebrakan yang dilakukannya untuk Kota Bandung walaupun masa kepemimpinannya masih singkat. Ridwan Kamil juga “sangat gaul”. Beliau bergaul dengan beragam komunitas di Kota Bandung. Namun patut diingat, tetap harus berhati-hati. Tidak semua orang dapat mensikapi segala hal dengan ringan dan santai. Terutama untuk lawan-lawan yang memiliki maksud dan tujuan tertentu. Tapi,  tetap semangat! Demi “Kota Bandung Juara!”.  Salam. (Del)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s