NTB = Nasib Tergantung Bali

NTB = Nasib Tergantung Bali. Sejujurnya, agak terkejut juga mendengar anekdot ini. Perkataan tersebut meluncur dari mulut warga Provinsi Nusa Tenggara Barat sendiri. Tersirat rasa pesimis di sana. Terbersit keputus asaan akan kondisi yang ada. Pariwisata Lombok menyimpan berjuta potensi. Tidak kalah dengan kondisi alam di Bali. Banyak pantai di Lombok yang sama indahnya dengan yang ada di Bali. Mulai dari Pantai Senggigi, Pantai Kuta, Pantai Tanjung Aan, pink beach di Kabupaten Lombok Timur, bahkan masih banyak lagi pantai yang belum tereksplorasi. Ditambah dengan pesona tiga gili, yaitu Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Potensi Lombok terasa semakin lengkap dengan beragam ciri khas lainnya yang dapat “dijual” untuk pengembangan potensi pariwisatanya, misal adat dan budaya suku aslinya, Kampung Sade, makanan khas taliwang, hasil olahan budidaya rumput laut, kerajinan emas dan mutiara, serta sejuta potensi lainnya.

Lalu, mengapa muncul anekdot “Nasib Tergantung Bali? Bukankah akan lebih indah jika pengembangan pariwisata di Pulau Lombok dapat saling melengkapi, dapat saling mendukung dengan pengembangan pariwisata di Pulau Bali? Juga dapat mendukung pengembangan pariwisata MICE yang tengah gencar dilakukan di Pulau Bali. Seperti beberapa waktu berselang, ketika Bandara Internasional Lombok (BIL), bandara yang ada di Pulau Lombok, turut pula mendukung penyelenggaraan APEC dengan menyediakan Bandaranya sebagai landasan alternatif maupun tempat parkir pesawat-pesawat peserta APEC.

Gambar

Ilustrasi Masterplan Mandalika Resort
Sumber : http://www.mandalikaresortlombok.com/what-is-mandalika-resort.html

Mungkin ini dilatarbelakangi oleh  rencana pengembangan beberapa kawasan wisata di Pulau Lombok yang seakan jalan  di tempat. Salah satunya terkait dengan pengembangan Kawasan Wisata “Mandalika Resort”.  Mungkin juga karena kebetulan yang menggarap Kawasan Wisata Mandalika Resort sama dengan yang menggarap Kawasan Wisata Nusa Dua di Bali, yaitu Bali Tourism Development Corporation (BTDC), sehingga muncullah anekdot tersebut. Walaupun, sesungguhnya, kesamaan korporasi yang mengelola tidak menjadi masalah sepanjang pelaksanaannya juga berhasil seperti yang telah dilakukan di Kawasan Wisata Nusa Dua Bali.

Gambar

Pantai Tanjung Aan
Sumber Foto: dokumen pribadi

Pengembangan Kawasan Wisata Mandalika Resort direncanakan akan dilakukan di kawasan seluas lebih dari 1.000 Ha.  Mandalika Resort terletak di selatan Lombok dengan jarak hanya sekitar 20 menit berkendara dari Bandar Udara Internasional Lombok, juga hanya 25 menit dari terminal feri utama di Pelabuhan Lembar di Lombok Barat. Di kawasan seluas 1.035 Ha, Mandalika Resort memiliki 7,5 km pantai indah dan teluk, serta dikelilingi oleh zona konservasi seluas kurang lebih 3.000 Ha.

Pelaksanaan pengembangan seakan jalan di tempat, karena kawasan Mandalika telah dicanangkan oleh SBY sejak Oktober 2011. Namun hingga saat ini, belum terlihat jelas tanda-tanda kegiatannya. Memang sudah mulai, namun progressnya terasa lambat. Bahkan, masih terkendala oleh penyelesaian 135 Ha. lahan yang diklaim oleh beberapa pihak, sehingga belum dapat dilakukan pembebasan. Pihak DPRD Provinsi NTB, mendesak Pemerintah Provinsi  untuk mengambil alih penanganan Mandalika.

Angin segar mulai bertiup, akan diupayakan penyelesaian masalah lahan karena investor tidak akan mulai membangun bila masalah lahan belum terselesaikan. Semoga bermacam program pengembangan pariwisata di Pulau Lombok dapat berjalan dengan lancar. Sehingga tidak akan ada lagi anekdot NTB = Nasib Tergantung Bali. Anekdot tersebut dapat berganti menjadi NTB = Nyaman Tiada Bandingannya.  Sehingga dapat menarik minat wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Salam. (Del)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s