Pesona Kain Endek dari Pasar Klungkung Bali

Begitu mempesonanya adat dan budaya masyarakat Bali dan demikian banyaknya tujuan wisata menarik yang ada di Bali sehingga walau telah berpuluh kali berkunjung ke Bali, selalu saja ada yang layak untuk dieksplorasi dan diceritakan kembali melalui tulisan. Salah satunya, tentang pesona Kain Endek Bali. Kain Endek  merupakan kain tenun  khas Bali wujud kebudayaan Bali yang telah menjadi salah satu ciri khas Bali. Buah karya dari tangan-tangan penuh kreativitas masyarakat Bali. Kain Endek banyak kita temui dan digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat Bali, mulai dari pegawai pemerintahan, hotel, bank,  hingga masyarakat Bali biasa. Kain Endek Bali pun digemari oleh masyarakat di luar Bali, bahkan hingga mancanegara. Diharapkan melalui eksistensi Kain Endek, citra Bali secara keseluruhan pun dapat terangkat.

Belum banyak yang mengenal tentang pasar yang menjual secara khusus Kain Endek Bali. Bahkan ketika coba disampaikan, sopir yang mengantar selama di Bali balik bertanya, “Pasar Kain Endek itu ada di mana ya…?”. Berbekal penjelasan bahwa pasar yang menjual kain endek terdapat di Pasar Klungkung, bergeraklah menuju ke sana.

IMG00831-20130927-1316

Deretan kios kain endek di Pasar Klungkung

Kain Endek khas Bali banyak dijual di Pasar Klungkung yang berada di Kabupaten Klungkung, tepatnya di Kota Semarapura, ibukota Kabupaten Klungkung. Kabupaten Klungkung merupakan kabupaten terkecil kedua di Provinsi Bali. Sebagian wilayah Kabupaten Klungkung terletak di Pulau Bali dan sebagian lainnya tersebar berupa pulau-pulau kecil. Terdapat banyak obyek wisata di Kabupaten Klungkung. Yang menonjol adalah obyek-obyek wisata pantai dan pulaunya, antara lain Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan.

IMG00829-20130927-1254

Tumpukan Kain Endek Bali di salah satu kios di Pasar Klungkung

IMG00824-20130927-1250

Pasti bingung memilih, karena begitu banyak pilihan

IMG00830-20130927-1312

Salah satu kios kain endek di Pasar Klungkung Bali

Semula, kain endek banyak dijumpai di Pasar Kumbasari yang terletak di Kota Denpasar. Pasar Kumbasari sempat berjaya sebagai pusat penjualan kain endek di Bali pada era 1980-an. Namun, saat ini banyak pedagang yang memindahkan dagangannya ke Pasar Klungkung. Teknik yang digunakan dalam pembuatan kain endek adalah teknik tenun ikat. Kain endek dapat dikatakan sebagai kain utama dalam aktivitas tradisional sehari-hari. Penggunaannya biasa dipadu padankan dengan kebaya. Namun, sekarang banyak pula yang menggunakannya untuk busana kerja.

Pasar Klungkung berada tidak jauh dari Kertagosa, salah satu obyek wisata terkenal di Kabupaten Klungkung. Di Pasar Klungkung ini hampir semua kiosnya menjual kain endek, kain tenun khas Bali. Terdapat beragam jenis dan motif kain endek yang dijual. Warnanya juga sangat bervariasi. Soal harga, tidak perlu khawatir. Pasar Klungkung menyediakan beragam kain endek dengan beragam harga. Mulai dari yang paling murah yang hanya dipatok Rp. 30.000,00 saja per meter, hingga kain endek yang berharga ratusan ribu per meter. Konsumen tinggal pilih mana yang disuka.

Kain endek pun tidak hanya diperuntukkan untuk busana. Sekarang banyak pula yang diaplikasikan dan dibuat benda lainnya, misal dijadikan untuk dompet, tas, motif di sepatu, dan sebagainya. Orang Bali memang terkenal dengan rasa seninya yang tinggi. Tertarik dengan kain Endek? Silakan ke Pasar Klungkung. Dijamin pasti bingung karena begitu banyak pilihan. Semua indah, semua bagus. (Del)

2 thoughts on “Pesona Kain Endek dari Pasar Klungkung Bali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s