Indahnya Bali Terasa Hingga ke Taman Ujung

Bali selalu menyisakan obyek indah yang sayang untuk dilewatkan. Berkali-kali ke Bali, selalu saja ada tempat-tempat yang terluput. Masih banyak obyek-obyek yang layak untuk dikunjungi dan dieksplorasi. Salah satunya adalah obyek wisata yang terletak di ujung timur Pulau Bali, di Kabupaten Karang Asem. Di sana, terdapat satu taman indah, Taman Soekasada, atau lebih dikenal dengan nama Taman Ujung. Lokasinya terletak hanya sekitar 2 jam perjalanan santai lewat darat dari Kota Denpasar ke arah Timur atau sekitar 10 menit dari Kota Amlapura, ibukota Kabupaten Karang Asem.

Gambar

Taman Soekasada atau Taman Ujung yang terdapat di Kabupaten Karangasem

Gambar

Jalan lingkungan yang rapi dan resik. Sangat mengagumkan

IMG00770-20130913-1223

Deretan pohon kemboja yang sarat bunga, khas Bali

Taman Ujung merupakan sebuah taman air dan “istana terapung”. Memasuki kawasan Taman Ujung, kita langsung disergap oleh suguhan indahnya pemandangan. Taman dengan luas kurang lebih 10 Ha sangat cukup untuk tempat berjalan-jalan atau sekedar menikmati arsitektur Bali sambil berfoto ria.

Gambar

Taman Soekasada atau Taman Ujung

Gambar

Kolam besar di tengah area Taman Ujung

Menurut sejarahnya, Taman Ujung dibangun pada masa penjajahan Belanda atas perintah salah satu Raja Karang Asem sebagai hadiah bagi sang permaisuri. Sempat porak poranda karena letusan Gunung Agung di tahun 1963, akhirnya direnovasi besar-besaran dengan melakukan pembangunan  kembali sesuai dengan wujud aslinya. Renovasi selesai tahun 2003 dan Taman Ujung resmi dibuka untuk umum sebagai salah satu obyek wisata andalan di Bali Timur.

Dari Taman Ujung, kita dapat melihat laut biru Bali Timur dengan latar panorama Gunung Agung serta hamparan sawah nan luas dan subur. Terdapat taman-taman yang luas dengan dua buah kolam besar di dalamnya.  Taman-taman yang ada tampak sangat resik, bersih, tanpa tercemari oleh sampah. Paduan keresikan dan indahnya taman sangat mempesona. Ditambah dengan paduan arsitektur Bali dan Eropa. Taman Soekasada atau Taman Ujung  menarik karena nilai sejarah dan indahnya panorama. Terletak tidak jauh dari pantai dan berada di ketinggian. Terpapar laut biru dan lukisan langit yang membiru dengan motif awan putihnya. Gunung Agung turut menyumbang keindahan lukisan alam dengan berdiri tegak di latar belakang.

Taman Ujung dulunya merupakan istana air yang sengaja dibangun bagi raja untuk menyambut tamu-tamu penting maupun para raja dari kerajaan lainnya. Sebuah jembatan yang terbuat dari beton, dengan kokoh menghubungkan area parkir dan area istana. Di ujung jembatan tampak taman yang sangat luas. Taman dihiasi dengan rumput dan bunga-bunga. Juga terdapat bangunan kecil di tengah kolam utama yang terhubung oleh dua jembatan di sisi kiri dan kanan. Di sana terdapat foto-foto lama Taman Ujung dan juga beberapa foto keluarga kerajaan.

Terik mentari sedang galak-galaknya menyapa bumi. Namun itu tidak membuat kehilangan semangat untuk mengambil foto. Ternyata menurut petugas di sana, Taman Soekasada atau Taman Ujung ini merupakan tempat favorit untuk pemotretan pre-wedding. Biar panas terik melanda pasangan pengantin harus mau menebar senyum.

Saran saya, jika berkunjung ke Taman Soekasada, sebaiknya tidak lupa membawa topi, kacamata hitam, dan air minum. Diperbolehkan pula untuk membawa makanan, dengan syarat tidak meninggalkan sampah di area.

Jadi, tertarik untuk berkunjung ke Taman Ujung? Silakan. (Del)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s