Untaian Emas di Somba Opu – Makassar

Traveling maupun kunjungan ke daerah dalam rangka tugas, terasa kurang sempurna tanpa menenteng oleh-oleh. Rasanya ada yang kurang jika tanpa sesuatu dalam genggaman yang menjadi ciri khas daerah kunjungan. Demikian pula halnya dengan kunjungan ke salah satu pusat kegiatan di Timur Indonesia. Yang terbayang dalam pikiran ketika berkunjung ke Makassar adalah Somba Opu. Ketika waktu sangat singkat dan oleh-oleh harus didapat, serentak langsung berseru, “Somba Opu!”. Datang ke sepenggal Jalan Somba Opu yang berada tidak jauh dari Pantai Losari, semua kebutuhan akan oleh-oleh langsung terpenuhi. Sepanjang Jalan Somba Opu lengkap menyediakan beragam jenis buah tangan yang diinginkan. Mulai kerajinan tangan, makanan, camilan, penganan khas Makassar, kain sutra dari Wajo, kaos Toraja, kain khas Sulawesi, semua ada di Somba Opu. Selama ini Jalan somba Opu memang terkenal sebagai pusat oleh-oleh di Makassar.

Tulisan kali ini tak hendak mengulas oleh-oleh yang disebutkan di atas. Bukan hanya itu. Ada hal lain yang menarik di Somba Opu. Menyusur sepanjang jalan Somba Opu nampak deretan toko emas yang hampir berseling dengan toko oleh-oleh dan toko kerajinan khas Makassar. Deretan toko emas sangat mudah ditemui dan tampak jelas. Somba Opu bagaikan gudang emas. Somba Opu berhiaskan untaian emas yang berkilau. Jika kita sempat untuk menghitungnya, tak kurang dari 30 toko emas menjajakan emasnya di sana. Semua toko menampilkan kilauan emas yang menggoda. Menggoda pengunjung yang datang, terutama bagi kaum hawa. Membuat hati tergerak untuk melirik, lalu melihat dengan seksama, memilih, mencoba, menanyakan harga, menawar, membayar, dan akhirnya emas pun berpindah tangan. Tidak usah khawatir. Jika satu toko tidak dapat memuaskan pilihan, masih bisa mencarinya di toko sebelah.

Gambar

Deretan Toko Emas di Somba Opu – Makassar
Sumber Foto: http://www.travel.detik.com

Emas yang diperjualbelikan di Somba Opu sangat komplit. Berbagai macam perhiasan emas, baik emas putih maupun emas kuning tersedia. Mulai cincin, gelang, kalung, gelang kaki, hingga bros emas semua ada. Soal harga, tentunya tergantung dari berat dan kadar/karat emas yang terkandung. Namun secara umum, kadar emas di Somba Opu lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata kadar emas di Jakarta.

Umumnya para pedagang emas di Somba Opu berasal dari etnis China yang telah lama bermukim di Makassar. Untuk satu toko saja dapat dipastikan terdapat berkilo-kilo emas. Tidak mengherankan jika kawasan Somba Opu menjadi salah satu pusat perdagangan yang selalu mendapatkan penjagaan dari aparat keamanan. Sedemikian terkenalnya emas dari Somba Opu hingga seluruh toko tampak dihadiri pembeli. Setidaknya, terlihat  didatangi pengunjung yang sedang melihat-lihat dan memilih.

Semenjak lama, telah terlontar janji di hati walau tanpa pernah terucap dalam kata. Setiap kunjungan tugas ke Makassar harus menyempatkan diri untuk membeli emas di Somba Opu. Berapapun upah atau honor yang diterima dari hasil tugas ke Makassar, pasti ada yang diperuntukkan demi untaian emas Somba Opu. Perhiasan emas yang dibeli pun disesuaikan dengan honor yang didapat.

Mengapa harus membeli emas di Somba Opu? Mengapa selalu menyisihkan honor demi untaian emas Somba Opu? Banyak alasan yang dapat dijadikan jawaban. Banyak jawab yang menjadi alasan pembenaran.  Untuk tabungan, atau untuk menambah koleksi perhiasan, atau supaya hasil kerja tampak jelas, atau karena emas Makassar terkenal bagus, atau sebagai kenang-kenangan hasil kunjungan ke Makassar, atau beragam alasan lainnya. Semua layak dijadikan alasan dan pembenaran.

Emas telah ada dalam genggaman. Senyum puas ikut tersungging, menghias bibir. Saatnya menuju bandara. Selamat tinggal Somba Opu. Sampai jumpa lagi. Berkunjung ke Makassar tak elok tanpa oleh-oleh untaian emas dari Somba Opu. (Del)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s