Si Cantik Sumba Timur

Sumba Timur memang cantik. Sayangnya belum banyak yang tahu. Perlu promosi. Sumba Timur masih nampak bagai gadis yang pemalu. Malu untuk mempertontonkan kecantikannya. Malu untuk membanggakan diri. Tapi mungkin itu pula yang membuatnya semakin menarik. Mengundang orang untuk mencari tahu lebih lanjut.

Sumba Timur merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau Sumba terletak di bagian barat daya Pulau Timor, tempat Kota Kupang sebagai ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur terletak. Pulau Sumba memiliki empat kabupaten, yaitu Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Tengah, dan Sumba Timur. Pesona wisata yang dimiliki pulau Sumba merata di setiap kabupaten di pulau Sumba.

Gambar

Bandara Umbu Mehang Kunda

Ibu kota Kabupaten Sumba Timur adalah Waingapu. Untuk mencapai Kota Waingapu dari Jakarta, terdapat 2 pilihan. Bisa melalui Kota Denpasar dengan rute Jakarta-Denpasar-Waingapu, maupun melalui Kota Kupang dengan rute Jakarta-Kupang-Waingapu. Terdapat Bandara Umbu Mehang Kunda yang siap menyambut kedatangan. Berkat keberadaan Bandara Umbu Mehang Kunda, Sumba Timur kini menjadi pintu masuk utama pulau Sumba. Bandara Umbu Mehang Kunda, seperti halnya bandara kecil lainnya, sangat sederhana. Tidak ada conveyor berjalan yang mengantarkan barang bagasi. Hanya ada jendela yang sekaligus berfungsi sebagai tempat mengantarkan bagasi. Penumpang bahkan tidak memerlukan detektor yang berlebihan untuk keluar masuk Bandara.

Gambar

Proses penurunan bagasi di Bandara Umbu Mehang Kunda, Sumba Timur

Jika dibandingkan dengan kabupaten lainnya yang ada di Pulau Sumba, Sumba Timur relatif lebih mudah dijangkau baik melalui udara maupun laut karena memiliki bandara dan pelabuhan yang cukup memadai.

Gambar

Runway bandara Umbu Mehang Kunda dari atas bukit

Pulau Sumba memiliki topografi berbukit dengan padang savana yang indah dan sangat luas. Sepanjang mata memandang, hamparan rumput seakan menjadi surga bagi para sapi, kerbau, babi, kuda, kambing, dan hewan ternak lainnya. Topografinya yang berbukit pula yang menjadikan Sumba Timur sangat menawan, berpadu manis dengan liukan sungai dan lembah.

Gambar

Sungai di Sekitar Bandara, tampak dari atas bukit, sungguh indah

Gambar

Sungai tampak dari atas bukit

Pemandangan indah sudah dapat kita temui di puncak bukit. Lampu-lampu kendaraan dari kejauhan terlihat mengular membentuk barisan. Ternyata Sumba Timur pun memiliki jam tidur yang sangat larut. Sebagian makhluk tetap hidup, tetap menikmati malam.

Gambar

Deretan pohon kehi yang meranggas, kering, namun nampak eksotis.
Sumber foto: Koleksi Tri Agustin

Sumba Timur selain cantik, juga sangat eksotis. Di musim kemarau sekalipun, tetap menarik untuk dilihat. Di antara deretan pohon kehi (pohon angsana) yang meranggas tanpa daun, Sumba tetap menampakkan keeksotisannya. Pohon kehi yang terbaris rapi, mempertontonkan liukan dahan dan ranting yang indah. Cuaca terik dan panas membakar, seakan terbayar ketika melihat indahnya alam.

Tidak hanya itu saja. Potensi wisata Sumba Timur terdistribusi secara merata di seluruh wilayah. Kita bisa menikmati keindahan Pantai Puru Kambera, Pantai Tarimbang, dan Pandai Londalima. Pantainya masih sangat jauh dari kata tercemar. Semoga tetap terjaga demikian.

Gambar

Makam di Kampung Adat Pray Liu

Cerita tentang keeksotisan Sumba Timur tidak lepas dari pesona budaya dan pesona alam dari ujung barat daya hingga ujung timur Pulau Sumba. Budaya yang lekat dengan Sumba Timur tetap lestari hingga sekarang. Terdapat beberapa kampung adat, atau permukiman adat di Sumba Timur. Contohnya di kampung adat Pray Liu. Di tempat ini terdapat pula makam batu, tempat dimakamkannya kerabat dan saudara. Di sana banyak pula para penjual kain tenun yang menjadi ciri khas Sumba.

Gambar

Nenek penjual kain tenun khas Sumba

Sumba Timur tetap dengan kecantikannya. Untuk lebih mempercantik diri, Sumba Timur perlu sentuhan promosi, perlu menjual diri dalam arti positif. Sumba Timur tidak kalah dengan keindahan dan keunikan lokasi wisata Iainnya. Supaya potensi wisata yang memukau bisa diketahui luas, tentunya patut diiringi dengan pembenahan kondisi sarana dan prasarana penunjangnya. Misal perbaikan dan pengembangan akses transportasi ke pusat-pusat wisata, pelayanan jasa perhotelan, seni pertunjukan yang dikemas menarik, serta gerakan wisata lainnya untuk kemajuan ekonomi daerah.

Geliat arah potensi wisata Sumba Timur sudah semakin jelas dan semakin terang. Potensi wisata Pulau Sumba perlu dicermati dan dikelola dengan seksama dan penuh rasa tanggung jawab. Tentunya agar dampak positifnya terasa hingga seluruh lapisan warga. Tidak hanya untuk satu golongan maupun satu kepentingan tertentu saja. (Del)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s